Hot Wheels - Camouflage Series 2017

HOT WHEELS CAMOUFLAGE SERIES 2017

Selamat pagi, siang, sore, atau pun malam. Kali ini saya akan membahas mengenai Hot Wheels Camo Series. Hot Wheels sendiri sampai postingan ini dibuat sudah mengeluarkan empat seri camouflage. Pertama pada tahun 2004, lalu tahun 2007, dan tahun 2016 dengan jenis mobil sedan. Sedangkan yang akan saya bahas kali ini adalah seri keempat yaitu seri tahun 2017 dengan mobil jenis truck. Seri camo truck ini terdiri dari delapan (8) mobil.

Sama seperti Matchbox camo, Hot Wheels camo ini eksklusif hanya dijual untuk jaringan ritel Walmart. Jadi untuk para diecaster yang ingin mengoleksinya bisa pesan secara online atau mungkin kalau ada kerabat yang sedang berada di Amerika bisa titip. Untuk pasar Indonesia, walaupun tidak tersedia di gantungan toko tapi cukup banyak penjual online yang menjualnya dengan harga relatif murah.

Camo pada Hot Wheels ini tidak digolongkan seperti Matchbox karena corak camo-nya lebih untuk gaya, beda dari Matchbox yang didesain memang untuk menyaru dengan lingkungan. Berikut jenis dan gambar beserta camo dari masing-masing mobil:

1. Hummer H2 - Yellow Desert camo                              2. Humvee - Black Stripe camo
 
3. 2009 Ford F-150 - Grey Digital camo                        4. '83 Chevy Silverado - Orange Pattern camo

 5. Custom Ford Bronco - Blue Hexagon camo            6. Chevy Blazer 4x4 - Orange Desert camo

7. Baja Truck - Green Jungle camo                               8. Off-Duty - Red Urban camo

Pada hw camo ini ada 5 mobil berwarna glossy, lalu si Blazzer 4x4 sendirian berwarna doff. Juga ada si Ford F-150 dan Baja Truck yang berwarna metallic. Walaupun judulnya camo dan memang ada tampo camo-nya, hw masih kurang memaksimalkan sumber daya yang ada. Sebab tampo camo-nya hanya ada di sisi kanan-kiri bodi, depan, belakang,  dan atasnya polos. Sayang sekali, padahal kalau ditambahkan paling tidak untuk bagian kap mesin juga udah cukup, seperti pada Hot Wheels Camouflage 2016.

Pada Humvee, sangat disayangkan tamponya yang hanya di kanan-kirinya. Menurut saya hasilnya jelek. Kalau saja diberi tampo bintang (*) khas AD Amerika, atau yang lainnya tentu akan lebih keren. Untuk si Baja Truck, mungkin karena dia merupakan mobil speed offroad sehingga terdapat tampo nomor 46 di sisi kanan-kirinya (pada bagian pintu). Menurut saya akan lebih keren kalau tampo camo-nya tidak hanya di bagian belakang saja tapi juga di bagian depannya.

Yang membuat seri ini menarik adalah kartunya. Jujur pertama kali lihat saya langsung berniat membeli satu set lengkap. Bahkan kalau dibandingkan, kartu pada Matchbox Camo Series masih kalah dari HW Camo. Setelah cek google, ternyata tampilannya tidak jauh beda dari Hot Wheels reguler tapi dalam kondisi eksklusif Walmart.

Seri camo hw hanya tersedia yang satuan, hw tidak mengeluarkan seri giftpacknya. Hal ini menurut saya tidak menjadi masalah karena harga satuannya relatif murah. Di toko online Indonesia saya mendapati kisaran harga dari yang termurah Rp39.000,00 sampai yang tertinggi di kisaran harga Rp150.000,00, belum termasuk ongkos kirim. Sedangkan untuk pembelian dari toko online internasional (ebay.com) saya banyak menemukan yang menjual langsung satu set (isi 8) dengan kisaran harga $16 hingga $21 dan belum termasuk biaya pengiriman. Ada pula yang menjual satuan dengan harga $2.5 hingga $4 per mobil belum ongkir.

Hot Wheels seri camo tahun 2016 dan 2017 diproduksi hanya yang seri satuan dan eksklusif untuk Walmart. Beda dengan Hot Wheels seri camo tahun 2004 dan 2007 yang diproduksi hanya seri giftpack namun dipasarkan untuk pasar global.

Untuk para diecaster yang berminat, disarankan untuk mengoleksinya terutama para kolektor mobil offroad atau truck. Mengingat seri ini merupakan seri eksklusif, kedepan bisa jadi harganya melambung. Hal ini bukan hal baru untuk hw, karena biasanya Mattel sebagai produsen Hot Wheels akan meluncurkan produk serupa di tahun mendatang dengan seri terbaru, sehingga kolektor yang baru mulai mengoleksinya akan mencari seri terdahulu untuk melengkapi koleksinya. Juga desain kartunya keren abis, lebih mencolok dibandingkan mbx camo yang cenderung redup, apabila dipajang akan lebih menarik perhatian yang melihatnya.

Mungkin sekian dulu postingan saya kali ini, mohon maaf apabila ada salah-salah, dan terimakasih sudah mampir. Kritik dan saran sangat saya harapkan.



Sumber:

Komentar

Postingan Populer