Matchbox - Camouflage Series 2017


MATCHBOX CAMOUFLAGE SERIES 2017

Selamat pagi, siang, sore, atau pun malam. Pada postingan ini, saya akan membahas Matchbox Camo Series. Seri camo ini diluncurkan di tahun 2017 yang terdiri dari total enam (6) mobil. Masing-masing mobil memiliki camo dengan tipe yang berbeda.

Matchbox seri camo ini eksklusif hanya dijual di ritel Walmart, jadi untuk pasar Indonesia sendiri tidak tersedia. Mungkin kedepannya Matchbox bisa mempertimbangkan untuk menjual model-model eksklusifnya untuk pasar Indonesia juga, seperti yang telah Majorette lakukan dengan Brabus B63s-nya. Untuk diecaster yang berminat bisa menitip kerabat yang sedang berada di Amerika atau beli di toko online. Saya sendiri mendapatkan mbx camo ini beli dari orang melalui toko online.

Untuk tipe camo-nya dibagi menjadi tiga, yaitu salju, hutan, dan gurun. Jadi untuk masing-masing tipe tedapat dua mobil yang berbeda. Meskipun ada dua mobil yang mendapat tipe camo yang sama, corak yang dimiliki masing-masingnya beda. Berikut jenis dan gambar beserta camo dari masing-masing mobil:

1. Blizzard Buster - Arctic camo                        2. Hummer H2 ConceptArctic camo

3. Toyota Land Cruiser FJ40 - Forest camo  4. Ford F-150 SVT RaptorForest Camo

5. Jeep Compass - Desert camo                      6. Yamaha RhinoDesert camo

Pada setiap model, tampo bodinya berupa camo doff sesuai tipe dan secara menyeluruh (depan, belakang, kanan, kiri, atas). Beda dari Hot Wheels Camouflage Series yang tampo camo-nya hanya di sisi kanan-kiri mobil (postingan selanjutnya). Hal ini juga yang merupakan salah satu alasan saya membuat postingan ini. Biar pun mbx di Indonesia belum setenar hw, tapi masalah tampilan bisa dibilang lebih detail walaupun dalam beberapa model mbx masih kalah dari hw.

Yamaha Rhino
Untuk si Rhino, bodi bagian tengahnya berwarna coklat polos tanpa tampo menyesuaikan dengan mobil aslinya, jadi sedikit berbeda dari yang lain. Si Blizzar Buster pada seri camo ini memiliki dua varian, yang pertama seperti pada foto yaitu mika kacanya berwarna biru, dan varian lainnya memiliki mika kaca berwarna orange. Untuk yang mika orange tergolong langka karena sampai saat ini saya belum menemukannya di toko online, sedangkan yang mika biru cukup mudah didapat. Berikut merupakan perbedaan keduanya:

mika biru
mika orange

Si Jeep Compass sebenarnya memiliki camo hutan gugur (timber) namun digolongkan menjadi gurun, sama seperti Hummer yang sebenarnya bercamo sea water.

Selain terdapat model satuan seperti yang di atas, ada juga giftpack isi lima, berikut gambarnya pada sisi kanan:
Urutan mobil pada seri giftpack ini, yaitu Blizzard Buster, Toyota Land Cuiser FJ40, Jeep Compass, Hummer H2 Concept, dan yang terakhir adalah Ford F-150 SVT Raptor. Satu yang tidak termasuk rombongan yaitu si Yamaha Rhino, mungkin dengan pertimbangan dari Matchboxnya adalah si Rhino ini imut-imut untuk diikutkan dalam seri giftpack.

Untuk harga di Amerika yang dijual melalui Walmart adalah $2 per item untuk yang satuan, dan $5.97 untuk seri giftpack. Di Indonesia sendiri untuk yang satuan dijual dengan harga yang beragam, dari yang termurah berada di angka Rp25.000,00 sampai dengan kisaran harga termahal yaitu Rp500.000,00, belum termasuk ongkos kirim. Untuk seri giftpack sendiri harganya sampai saat ini yang saya temukan yaitu Rp400.000,00 isi lima mobil. 

Sebenarnya lebih untung jika beli yang giftpack, tapi saya pribadi lebih memilih yang satuan dengan total harga Rp535.000,00 belum termasuk ongkir. Kenapa begitu? Karena yang membuat seri ini keren adalah kartunya, itu yang membuatnya terlihat spesial dan berbeda dari seri matchbox reguler.

Bagi diecaster yang tertarik untuk mengoleksinya, boleh banget karena tampilannya yang keren abis. Terutama untuk yang hobi fotografi diecast dengan latar alam sesuai tipe camo-nya. Tinggal ditambahkan beberapa detail seperti lampu depan-belakang, lining, dan detail minor lainnya sehingga menjadikan mbc camo series ini semakin keren dan terlihat lebih real.

Mungkin sekian dulu postingan saya kali ini, mohon maaf apabila ada salah-salah, dan terimakasih sudah mampir. Kritik dan saran sangat saya harapkan.











Sumber:
Matchbox Camouflage 2017
Matchbox Camouflage 2017 - Lamley
Matchbox Camo giftpack
Matchbox Camo satuan

Komentar

Postingan Populer